. . . . .Translate English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Warna Cangkir Bisa Pengaruhi Rasa Minuman

KOPI GAYO Shop | 10:54 PM | 0 komentar

Warna Cangkir Bisa Pengaruhi Rasa Minuman
Warna Cangkir
Valencia - Cokelat panas di dalam sebuah cangkir berwarna oranye atau berwarna krem ternyata membuat rasanya jadi lebih enak dibandingkan jika minuman yang sama disajikan dalam cangkir merah atau putih. Demikian hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa karakteristik dari wadah sajian, termasuk warnanya, mempengaruhi seseorang dalam menikmati makanan atau minuman.

"Warna container (wadah makanan atau minuman) yang digunakan untuk menyajikan makanan dan minuman bisa mendukung rasa dan aroma makanan tersebut," ujar Betina Piqueras-Fiszman, peneliti di Polytechnic University of Valencia di Spanyol, dalam siaran pers dari Spanish Foundation for Science and Technology.

Dalam melakukan riset ini, Piqueras-Fiszman dan rekannya, Charles Spence dari University of Oxford di Inggris, meminta 57 orang untuk membandingkan sampel cokelat panas yang disajikan dalam empat cangkir plastik yang berbeda. Meskipun semua cangkir itu berukuran sama dan warna bagian dalam sama, yaitu putih, warna luar cangkir-cangkir itu berbeda. Satu cangkir berwarna putih, sementara yang lainnya berwarna krem, merah, dan oranye.

Partisipan mengatakan bahwa cokelat panas yang disajikan dalam cangkir krem sedikit lebih manis dan lebih beraroma dibandingkan sampel lainnya. Para peneliti mencatat bahwa warna cangkir sesungguhnya tidak mempengaruhi rasa maupun bau dari cokelat tersebut.

"Tidak ada aturan baku yang menyatakan bahwa rasa dan aroma didukung oleh warna cangkir," ujar Piqueras-Fiszman, seperti dikutip situs Health Day edisi 7 Januari 2013. "Kenyataannya, variasi ini bergantung pada jenis makanan, tetapi karena hal ini terjadi, maka seharusnya ada perhatian lebih pada warna wadah karena hal tersebut lebih potensial dibandingkan yang pernah diketahui." Hasil riset ini dipublikasikan di Journal of Sensory Studies.

Menurut para peneliti, temuan ini bisa menjelaskan integrasi otak dengan informasi visual dari makanan serta wadah makanan yang disajikan. Mereka mengatakan bahwa studi ini berpengaruh pada bisnis makanan, katering, maupun chef, dan profesional lainnya dalam bidang industri pengemasan makanan.

Riset sebelumnya menunjukkan bahwa minuman dalam cangkir merah muda sering kali dipersepsikan lebih manis, kopi dalam kemasan berwarna cokelat diyakini lebih kuat, dan minuman bersoda dalam kaleng biru dianggap lebih memuaskan rasa haus.

Category: , ,

0 komentar